4 alasan mengapa UKM harus menggunakan cadangan cloud

Data memainkan peran penting dalam keberlanjutan usaha kecil dan menengah (UKM), khususnya untuk membuat keputusan penting. Misalnya, data penjualan dapat digunakan untuk memutuskan apakah produksi barang A perlu ditambahkan atau dikurangi. Gunakan data keuangan untuk mencari tahu apakah bisnis UKM Anda dalam kondisi baik. Data umpan balik pelanggan dapat menjadi bahan untuk merencanakan strategi pemasaran di masa depan.

Mengingat fungsi data sebagai sumber daya yang tak ternilai bagi UKM, perlu untuk melindungi data itu seaman mungkin. Untuk memenuhi persyaratan ini, Anda dapat menggunakan sistem cadangan cloud. Fungsinya mirip dengan hard disk atau program cadangan lainnya. Namun, dengan cadangan cloud, Anda dapat menyimpan data sebanyak mungkin dengan sistem penskalaan otomatis. Selain itu, kegiatan UKM menawarkan manfaat berikut.

Perlindungan data yang tepat

Dibandingkan dengan penyimpanan fisik seperti hard disk atau CD, cadangan cloud biasanya lebih aman karena risikonya minimal. Bayangkan, suatu hari, hard drive Anda tidak dibaca oleh komputer Anda, bahkan jika semua data penting ada di sana. Ini tentu akan mempengaruhi fungsi bisnis UKM. Tidak cukup hanya mengandalkan komputer untuk menyimpan data karena risiko keamanannya terlalu tinggi. Belum lagi ancaman virus malware.

Namun, cadangan cloud memiliki infrastruktur pusat data yang solid yang memberikan lebih banyak keamanan untuk penyimpanan data. Di sisi lain, tidak perlu khawatir tentang apakah data dapat diakses. Selama Anda memiliki konektivitas Internet yang cukup, Anda dapat dengan mudah mengakses data di cloud backup.

Fleksibilitas dan skalabilitas tinggi

Alasan lain mengapa Cloud Backup ideal untuk UKM adalah fleksibilitas dan skalabilitasnya. Secara umum, perusahaan UKM lebih cenderung melakukan perubahan atau penyesuaian daripada perusahaan besar. Dengan cadangan cloud, persyaratan penyimpanan data (yang dapat berubah kapan saja) dapat dipenuhi secara instan. Apakah Anda perlu skala atau skala, Anda dapat melakukannya dengan cepat dan tanpa biaya tinggi.

Implementasi cepat

Waktu adalah salah satu sumber daya terpenting untuk keberlanjutan pengembangan bisnis UKM. Menginstal perangkat penyimpanan data fisik dapat memakan waktu lama, terutama jika Anda memiliki banyak data. Anda dapat menghemat waktu dengan menggunakan cadangan cloud sehingga Anda dapat memulai secepat mungkin. Bahkan jika Anda berubah dari sistem cadangan tradisional, Anda tidak perlu khawatir tentang waktu tunggu yang lama selama masa transisi.

Hemat biaya

Secara umum, perusahaan UKM perlu menghemat biaya sebanyak mungkin, terutama jika mereka masih dalam posisi awal, karena kondisi keuangan mungkin tidak stabil. Di sisi lain, sistem penyimpanan data masih diperlukan, karena bagaimanapun, Anda sangat bergantung pada data untuk keputusan penting.

Daripada harus membangun pusat data yang membutuhkan banyak uang, cadangan cloud bisa menjadi solusi yang jauh lebih murah. Berita baiknya adalah cloud backup menggunakan sistem pay-as-you-go, di mana Anda hanya perlu membayar berdasarkan jumlah yang Anda belanjakan. Jika Anda perlu menambah atau mengurangi kapasitas cadangan cloud nanti, Anda juga dapat menyesuaikan harganya.

Tentu saja, Anda tidak boleh menjadi titik awal untuk memilih layanan cadangan cloud. Pastikan pemasok yang Anda pilih memiliki rekam jejak yang baik dan layanan berkualitas tinggi seperti cadangan cloud dari PT Sarana Solusindo Informatika. Selain itu, harga yang ditawarkan tidak akan membebani anggaran perusahaan UKM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *